Kamis, April 02, 2009

Jekarda.. jangan bikin aku tersesat!!!

Sebenernya ini kisah seminggu yang lalu, tapi baru kali ini bisa cerita..

Jekarda, itu kata bule kalo ngucapin JAKARTA.. Dan saya termasuk salahsatu orang yang katrok, mengingat umur saya yang 23 taon ini baru kali ini ke Jekarda, lewat memang pernah, waktu itu ke Cilegon tempat kakak saya, dan ke Bandara Sukarno hatta waktu menjemput bule2 ituh.. Tapi itu dulu dan bersama-sama dengan orang lain, tapi kali ini, saya sendirian ke Jekarda, hanya berbekal HP berpulsa, tiket kereta api, baju secukupnya, mulut dan otak yang semoga masih jernih..

Saya sudah janjian dengan teman saya, untuk turun di Gambir, lalu dijemput, bayangan hal-hal yang indah, turun dari kereta langsung dijemput, tapi yang terjadi adalah…

Saya duduk disamping pak kusir yang sedang bekerja, tentu tidakkkkk, saya duduk disamping bapak-bapak yang mukanya mirip Gus Dur, beliau nanya, "mbak, turun mana?", dan saya dengan PDnya berkata, "Gambir pak!!".. Bapaknya bingung lalu berkata, "ini keretanya nggak sampe Gambir mbak, berhentinya di jatinegara sama pasar senen aja"..

Nah lho, bingung sudah, berharap kereta berhenti atau paling enggak berjalan melambat biar saya bisa menghubungi orang-orang Jekarda.. Untungnya saya punya teman di Jakarta Timur kalo nggak salah, dan akhirnya dia mau membantu saya menampung saya untuk beberapa jam, dan selama perjalanan di kereta itu saya habiskan buat smsan tanya abis turun kereta naik apa, trus naik apa lagi, trus bayarnya berapa, trus trus…

Selama di kereta, saya sedikit parno, kenapa? Kereta api bisnis yang saya tumpangi dipadati oleh para penjaja makanan yang lalu lalang, beda banget sama kereta api bisnis Surabaya-Jogja, ada sih, tapi nggak sebanyak ini, yang paling saya takutkan adalah, ketika saya tertidur, lalu semua barang dirampok, dan saya nggak tahu mesti gimana.. Tapi alhamdulillah saya masih diberi keselamatan..

Saatnya turun di stasiun Jatinegara pas pukul 4 pagi buta, saya disuruh naik bis 06A, langsung saya naik, padahal tu angkot masih ngetem lamaaa banget, dan mata juga udah ngantuk-ngantuk.. Di sepanjang perjalanan angkot itu, teman saya selalu telpon, sampe dimana? Udah jalan belom? Ntar kalo udah keluar tol telpon ya? Ntar kalo.. Ntar kalo..
Hingga akhirnya saya turun di sebuah pertigaan, dan berdirilah saya disana..

Karena instruksi teman saya terhenti, saya pun telpon dia, sekali nyambung nggak ada yang ngangkat, aahh paling lagi dijalan mo jemput, dua kali nyambung nggak diangkat juga, hingga yang kelima tak kunjung diangkat, keringat dingin mulai menetes ketika keenam kalinya kutelpon tapi yang terdengar hanyalah, "telepon yang anda tuju…" Oohh tidak, saya di ibukota pagi buta, tak kenal arah, dan waktu itu pagi mulai bersinar, apakah saya mesti berdiri seperti orang ilang saja??? Memang orang ilang!!!!

Berkat bantuan orang yang waktu itu ada di aceh, akhirnya saya berhasil juga sampe di rumah teman saya, ohhh.. Untung saya tidak diculik, kasian banget penculiknya.. Ternyata HP teman saya itu jatuh, dan dia mesti menyisiri semua tempat yang dilaluinya, jadi ya sementara meninggalkan saya yang sedang terkatung-katung di jalanan..

Petualangan belum selesai, saya masih harus ke Jakarta pusat, tepatnya di daerah Thamrin, dan itu juga saya pergi sendiri, lagi-lagi teman saya memberi instruksi, kamu nanti naik angkot ini, trus tanya bang lewat ini nggak, trus kamu naik busway, dari PGC ke matraman trus naik jembatan trus ke dukuh atas, trus trus trus…

Wattaaaa, akhirnya saya berhasil ke daerah Thamrin ituh, saya yang notabene blum pernah melihat air mancur bundaran HI, akhirnya bisa juga melihatnya, saya yang blum pernah masuk mall PI, akhirnya masuk juga, hehehe.. Selesai urusan di Thamrin itu, akhirnya saya balik naik busway ke arah Jatinegara, pesen tiket kereta, balik ke rumah teman saya sebentar, lalu balik lagi ke Jatinegara, JOGJA aku pulaaaang!!!

Pelajaran moral perjalanan kali ini adalah..
1. Banyak berdoa, persiapan pulsa, sehat jasmani dan rohani..
2. Bener-bener ngerti kamu tuh tujuannya mau kemana, jangan suka ngasal..
3. Bertanyalah, sebelum bertanya itu dilarang, dan tips dari saya, tanyalah sama orang yang berseragam, misalnya polisi, satpam, tukan sapu, pegawe, atau apalah, saya lebih ngerasa aman aja daripada dengan orang lain..
4. Berbuat baik selama perjalanan, Insya Allah, bakalan dapat rejeki yang tidak terduga-duga, contohnya saya, siangnya diajak makan sama Ibu-ibu senasib di Mall EX..

Yihaaawww.. Sekian aja perjalanan kali ini, next time saya bakalan cerita banyak lagi

Luph JOGJA and YOU

Tidak ada komentar: