Sabtu, Februari 27, 2010

Zero kilometerku sayang....

Tulisan ini hanyalah sebuah aspirasi, mungkin nggak Cuma saya yang merasakan, beberapa teman saya juga mengalaminya, mungkin juga anda yang berdomisili di Jogja pernah merasakannya.. No offense sama pihak manapun, pada golongan tertentupun..

Begini, bagi orang-orang yang berdomisili di Jogja, tahu dong ya yang namanya Tugu dan zero kilometer yang jadi kebanggaan kita, belum ke jogja kalo belum tahu tugu Jogja, jalan malioboro, perempatan kantor pos besar, sampe alun-alun.. Beberapa tahun terakhir ini fokus ke "jogja" mulai sangat kental.. Beberapa FTV di stasiun televisi swasta mulai siaran di Jogja, dan juga melakukan siaran khusus Jogja di tiap pekan atau malah tiap harinya..

Bagi yang asli Jogja, tahu dong istilah "mangan ra mangan asal kumpul", bahkan juga jadi salahsatu judul lagunya Slank.. Makan nggak makan asal kumpul, ngobrol, share, nggosip, maen kertu, pokokke kumpul.. Jogja sudah mulai bertebaran tempat-tempat nongkrong yang murah meriah, cukup dengan parkir motor saja sudah bisa punya tempat ngobrol dengan pemandangan cozynya Jogja..

Nah, inilah saya dan teman-teman.. Yang sudah sekitar 1,5 bulan tidak kumpul bersama terpisah pekerjaan dan rutinitas sehari-hari *halah*.. Lokasi pertama, inginnya foto-foto di Tugu Jogja, tapi setelah sampai sana, ternyata Tugu sudah dikerubuti banyak orang.. Kalau ketambahan kita berenam waktu itu sepertinya bukan suatu hal yang bagus.. Jadi kita memutuskan untuk pergi ke ZERO kilometer atau perempatan kantor pos besar, dan dengan kostum kita batik.. Akibat efek tertundanya photo session di sebuah studio photo..

Baru berhenti untuk memarkirkan motor, bahkan belum turun dari motor, kita udah dikerubutin orang-orang bernyanyi *tahu kan maksut saya*.. Oke, kita tunggu satu lagu, dan memberikan seiklasnya.. Setelah selesai, mulailah kita bergeje-geje nggak jelas, foto-foto udah berasa seperti model dengan kostum komplencapir regu A Regu B dari desa Sukamajumaju..

Kebetulan ada kursi kosong, maka berkumpulah kita, cerita sana-sini, sambil memperhatikan banyak orang lewat.. Dan inilah datang yang bikin sedikit males.. Datang rombongan orang-orang bernyanyi, yang which is kayaknya mereka tu yang nyanyiin kita pas di parkiran.. Oke oke.. Lagu dinyanyikan yuukkk jreeeenggg,….

Ngobrol-ngobrol lagi.. Datang lagi rombongan orang-orang bernyanyi yang laen lagi, kali ini salahsatu teman saya bermaksud untuk menolak, tapi malah yang keluar dari orang-orang itu kata-kata yang bikin kita males, kapitalis lah, anti sosial lah, bukan mahasiswalah, dan blablablabla…. Bahkan salahsatu dari *orang* itu kayaknya mo ngajak perang..

Kita pun jengah, dan pulang.. Kenapa harus diakhiri dengan seperti ini????????

Alasan klise, cari duit.. OKE, saya memaklumi, nggak gampang nyari duit emang, tapi apa perlu orang yang tidak ngasih duit dikatakan kapitalis, antisosial, dan blablabla.. Lalu duit itu dikemanakan? Buat beli rokok? Buat beli minum? Atau buat makan?

Alasan klise lain, kami kan pekerja seni.. OKE, saya pun memaklumi, tapi saya lebih suka dengan seniman yang do art-perform tanpa harus mengganggu orang lain, cukup dengan menyanyi di suatu tempat, lalu biarkan orang melihat karya, lalu memberi beberapa rupiah.. Bukan sebaliknya..

Bahkan, Ada rombongan anak-anak muda datang, baru mau berfoto jepretan pertama, sudah bikin grup untuk bergaya, eeeehhh tu rombongan *orang-orang bernyanyi* masuk ke dalam grup dan genjrang-genjreng.. So embarassing I think..

Yaaahh, mungkin ini salahsatu curcol saya.. Tolong ya mas-mas, boleh kok anda bernyanyi, tapi tolong, sekali lagi tolong. Jangan sampai membuat orang salah sangka tentang JOGJA.. Nggak jadi murah meriah deh..

1 komentar:

minamiakoema mengatakan...

pingin jg nonkrong neng malioboro ki