Senin, Oktober 19, 2009

My lucky life (part 2).. tumbangnya sang jumawa...

Sambungan dari postingan kemaren..

**saya masih jumawa..**

Beranjak dewasa kakakku rani tercinta.. (malah nyanyi sheila)
Kelas 3, adalah saat-saat terpenting (*serius*), dimana saya harus belajar penuh buat EBTANAS (Doh, dah lama nggak denger istilah inih), cita-cita saya masuk SMA 1.. Kangen juga euy sama temen-temen SMP,di masa jaman jahiliyah dimana saya masih termehek-mehek dengan coklat valentine, dengan majalah Kawanku dan isinya tentang model dan fesyen jaman ituh, jaman-jaman boyben masih merajalela, boyzonelah, westlifelah.. Oiya, stephen gately, personelnya boyzone dah meninggal lho (halah!)

Saya lulus SMP dengan NEM yang -lagi-lagi-bagi-saya- memuaskan, lagi-lagi dengan NEM itu saya bisa masuk ke SMA manapun (jumawa tingkat tinggi).. Padahal masih ketir-ketir juga dink.. Akhirnya saya masuk ke SMA yang kata orang, sekolah teladan, kenapa saya masuk SMA ini?? Yah,lagi-lagi bapak saya yang menyarankan untuk masuk sini, bapak saya memang bercita-cita salah satu anaknya harus bisa masuk ke SMA ini, setelah 2 anak terdahulunya gagal, jadilah saya yang maju perang (logh)..

Awal masuk SMA yang (katanya) Teladan inih membuat saya sedikit lebih alim (gubraaks), tapi lama-kelamaan ketika saya sudah mengenal dunia, saya jadi mengerti how to life in Teladan (ngemengepeh, mulai nggak jelas)..

Bagaimana prestasi saya di kancah SMA ini???
NOL besar.. Ya saya ulangi ENOL besar.. OKE saya ulangi sekali lagi, ENOL BESAR!!
Catur wulan pertama kelas 1, saya rangking 39 dari 40 siswa, nyaris!! Dan begitulah seterusnya hingga kelas 3, saya selalu mendapat rangking dengan awal tigapuluh sekian.. Belum pernah sekalipun saya punya rangking duapuluh sekian, atau sekian belas..

Keterpurukan saya ini yang membuat saya nggak dapet beasiswa, tapi untungnya saya termasuk ke dalam siswa tak mampu (bangga banget yak???miskin kok bangga), jadi SPP saya terendah nominalnya.. Hohoho… sedikit membantu bapak ibu saya yang bekerja sebagai penjahit, yang kebetulan waktu itu menguliahkan 2 kakak-kakak saya..

Tiga tahun sekolah disana saya lewati dengan hal-hal yang menyenangkan, masuk pecinta alam, ikut diklat, naik gunung, nyuport liga sepakbola antar kelas.. Tapi yang jelas, saya nggak pernah punya musuh, atau bikin gara-gara, untuk bolos sekolahpun saya jarang atau malah nggak pernah.. Klo nyontek sih sering (dongdongdong).. Pernah juga sih, dulu pas pesantren kilat, tiap kali ada kajian selalu bolos ngelayap kemana atau nelat2 dikit, giliran sahur dan buka selalu ontime, menggasak semua makanan..

Dengan nilai saya yang sangat pas-pasan itu, saya harus bekerja keras untuk ujian masuk perguruan tinggi UGM.. Ya, saya harus masuk UGM atau UNY kalo nggak dua itu saya nggak kuliah, begitu pesan bapak, karena emang ekonomi keluarga nggak memungkinkan saya kuliah di luar Jogja.. Saya rajin ikut try out, bimbel, demi berharap saya lolos UM..

Dulu bapak berharap salahsatu anaknya ada yang jadi dokter, jadi saya sedikit dipaksa untuk memilih itu, tapi kali ini saya punya idealisme, kuliah di kedokteran itu mahal, lulusnya lama pula (kayak yang disini nggak lama aja), dan satu lagi, otak saya nggak kuat kalo sampe masuk KU (pesimis tingkat tinggi).. Dan idealisme saya satu lagi adalah, saya tipikal anak teknik, entah teknik apa.. Yang kata salah satu kenalan saya, orang teknik itu grubrakgrubuk, nggak perlu banyak teori, yang penting libasss...

Da akhernyaaa… saya bisa masuk geologi UGM, tanpa diduga-duga, entah keblasuk atau gimana, yang jelas mau nggak mau saya harus menjalaninya.. Berhubung pengumuman UM lebih dulu dibanding EBTANAS SMA, penyakit jumawa saya kumat, saya meremehkan yang namanya ujian akher.. Toh, buat apa nilai ujian nggak dipakai ini, yang dipake cuman ijasah kelulusan alias STTB..

Dan hasilnya, menjelang pengumuman kelulusan, saya stres setengah mampus, ada yang bilang ada yang nggak luluslah, dan bla bla bla.. Tapi Big Boss baik sekali sama saya, saya dinyatakan lulus dengan nilai yang mengenaskan.. Nilai 5 menghiasi sejarah umum dan bahasa inggris, dan matematika yang -dulu- saya banggakan hanya mencapai nilai 6,11.. Nilai tertinggi Surat Tanda lulus saya 8,61 dan itu mata pelajaran Pendidikan jasmani dan Kesehatan.. **proud of it**

Petualangan kuliah akan dibahas selanjutnya..
**nggak nyangka mesti to be continued lagi...

pelajaran moral :
1. belajar ya belajar aja, peduli amat mo ujian pa nggak (tsaaahhh)
2. komunitas baru jangan samakana dengan komunitas lama, inilah hasilnya..

Tidak ada komentar: