Minggu, Oktober 19, 2008

Jogja menyambutku dengan hujan...

Saia sudah menginjakkan kaki di tanah jawa (lagih).. Setelah seminggu lamanya mencari ilmu di pulau Madura.. Setelah seminggu lamanya badan berasa di panggang tapi juga di enakkan dengan segala cem macem fasilitas, dan Jogjapun menyambutnya dengan hujan [dengan deresnya].. Dia tahu saia sudah lama merindukan hujan..

Seminggu perjalanan bersama bang rizza, mbak vica dan mas rizki, saia dapet banyak pengalaman yang sangat berharga, apalagi yang namanya BAHASA… dieeng!!!!
Disinih saia belajar bahasa Madura tentunya, sunda (dikit-dikit), aceh, dan melayu.. Kenapa menjadi banyak bahasa gini?? Pertama tentunya Madura.. Selama ini yang kita tahu bahasa madura itu mirip bahasanya Kadir.. Pindah spasi ya…

Si Kadir membahasakan bahasa Meduro-nya dengan mengulang suku terakhir di setiap katanya, misal seperti ini na gimana?kamu na dimana? (lebay nih).. Nah ternyata, bahasa itu jarang kita jumpai di sana, bahkan kostum yang kaos merah garis-garis mirip tongkat jacob itu juga nggak pernah saia liat disanah, kita terlalu lebay buat memakai bahasa.. Tapi suatu hari saia mendengar langsung dari orang madura, dia bilang gini. "permisi mas, mau nya tanya", kontan saia dan mbak vica langsung ketawa ngakak, akhirnya ada juga orang medura yang ngomong..

Kenapa bahasa sunda?jadi beginih (fyuuhh.. Menyeka peluh yang segede jagung), kerjaan kita klo nggak lagi jalan adalah membaca novel, nah dari sekian banyak novel yang saia baca, novel ituh yang komedi cinta kayak jomblo narsis, sarjana kebut skripsi, gege mencari cinta, nah itu banyak yang make bahasa sundanya, trus kita praktekkan, nah yang keseringan adalah, BLEGUG SIA!!!!!

Nah, bagaimana dengan bahasa aceh?mengingat penyakit mafia inbok saia sedang kumat, saia sering baca sms-nya mas rizza, (dan dia malah menjelaskan isinya apa, dieeengg!!!)tapi bahasa aceh ni susah-susah gampang, kalo pas pake bahasa sms, bisa-bisa aja dikarang-karang artinya, tapi kalo udah pake ngomong, berasa sedang di dunia lain, dengan subtitle yang lagi error..

Ada apa dengan melayu?? Pas pulang, kita sempat mampir ke Surabaya buat nonton Laskar Pelangi, dan tahu sendiri kan, beh?Belitong tuh melayu banget, apalagi telinga saia inih sudah sangat sering banget sekali ndengerin bahasa melayu yang sering pake kau kau ituh, ngliat Laskar Pelangi dapet tiket yang jam 10 malem, hasilnya kita mpe gila nungguin tuh film dimulai.. Angkat 2 jempol plus jempol kaki dah buat miles ma ANDREA HIRATA..

Dan hasil dari mambaca novel ANDREA HIRATA, kami berempat (saia, mas rizza, mbak vica dan mas rizki) punya obsesi yang sangat kompulsif, yaitu tour de Sumatra sampe Aceh, mengunjungi rumahnya bang rizza.. Tapi pengennya naik mobil sendiri, karena blum ada yang punya mobil, maka kami berikrar, barang siapa yang punya ,mobil duluan, harus ngomong dan kalo ikhlas harus rela melepasnya terjun ke alam sumatra, cadas abisss!!! You may say We're dreamer, but we're not the only one..

Sekian, dan bakalan ada banyak cerita lagi..

1 komentar:

aYme mengatakan...

lam kenal,,, :D